Tips Memilih Ban Motor

Oleh . Penghemat BBM . Pertama, pilihlah ban yang sesuai dengan ukuran dan spesifikasi motor Anda.Sepeda motor buatan tahun 2010 ke atas ban yang sesuai adalah ukuran 80/90 dan 90/90 baik untuk motor matik maupun untuk motor sport. Sedangkan motor yang diproduksi sekitar tahun 2009 ke bawah sebaiknya menggunakan ukuran ban 70/90 atau 80/90. Ukuran tersebut untuk sepeda motor bebek. Nah untuk motor matik dan sport ukuran yang disarankan adalah 70/90 atau 80/90.

memilih-ban-sepeda-motorKedua, gunakan ban yang sesuai dengan kecepatan motor. Pada ban biasanya terdapat kode yang berhubungan dengan kecepatan. Misalnya, Q berarti ban tersebut sesuai dengan motor yang kecepatannya 160 km/jam, V untuk kecepatan 240 km/jam begitu seterusnya.

Ketiga, perhatikan usia dan lama pemakaian ban. Ban produksi lokal lama pemakaiannya sekitar 1,5 tahun hingga 2 tahun. Sedang ban produk luar (impor) usia pakainya sekitar 2 tahun atau lebih.

Keempat, perhatikan juga tahun produksi ban dan kode pada ban. Sebaiknya gunakan ban yang tahun produksi kurang dari 1 tahun. Misalnya, pilih ban yang sudah diproduksi selama 12 bulan atau di bawahnya.Contoh kode ban adalah 1111, berarti dua angka depan 11 adalah minggu produksi yaitu pada minggu kesebelas, sedangkan dua angka terakhir yakni 11 berarti tahun produksi yaitu 2011.

Keempat, gunakan ban yang sesuai dengan beban motor. Jika berat maksimum motor adalah 300 kg maka ban yang sesuai adalah ban dengan kode 66 atau berat motor 272 kg, maka ban yang dipilih adalah ban dengan kode 63.

Dalam memilih ban motor perhatikan pula kondisi jalanan, suhu panas, kualitas ban hingga merek ban. Misalnya pilih ban dengan guratan banyak untuk kondisi jalan yang terlalu panas, atau gunakan ban dengan guratan sedikit untuk kondisi jalan yang dingin, basah dan sebagainya.

Leave a Comment