Ini diduga akan mengakibatkan hanya empat kematian kanker di antara 4 juta penduduk Israel

Penulisnya mengemukakan bahwa ratatata orafig Israei akan menyerap sekitar empat unit (mrem) kelimpahan seluruh badan radiasi karena kecelakaan Chernobyl. Namun, safu rokok memaparkan sebanyak tujuh unit pada paru-paru perokok. Selama kurun waktu satu tahun, ini diartikan pada iebih dari 12.000 kali paparan Chernobyl. Radiasi itu berasal dari radioaktif Polonium- 210 yang ditemukan dalam asap rokok.

Polonium mendapat jalan masuk ke dalam tembakau di ladang karena bulu kelenjar daun tembakau bisa mendapatkan pencemar ini di udara dan menumpuknya dalam tanaman itu.6e Sumber polonium iainnya di tembakau kotoran dalam pupuk fosfat yang digunakan untuk menanam tembakau.T0 Penelitian hewan telah menunjukkan bahwa polonium-210 merupakan karsinogen dari tempat asalnya sendiri. Lebih jauh lagi, radioaktif polonium bekerjasama dengan bahan penyebab kanker lainnya untuk menyebabkan lebih banyak lagi kanker dari yang Anda ramalkan dengan menambahkan efeknya.

Sayangnya, radiasi ini tidak terbatas pada si perokok; lebih besar dari 75 persen radiasi ditemukan pada penghirup di sekitarnya (perokok pasif).7’z Radiasi ini tampak menyebarluaskan kerusakannya. Laporan terbaru mengaitkan rokok dengan leukemia dan teorinya adalah bahwa radiasi bisa menjadi faktor penyebab.T3 Hubungan ini dipadukan dengan pengenalan terhadap jumlah tingginya radiasi di asap sekitarnya mungkin jadi penjelasan untuk hubungan yang telah lama dikenal: keturunan perokok mempunyai lebih banyak leukemia.

Kanker Paru-paru

Pada titik ini kita akan berkonsentrasi pada kanker pembunuh nomor satu perokok Amerika: kanker paru-paru. Kanker paru-paru adalah kanker pembunuh utama di Amerika baik pada perokok maupun bukan perokok, baik pada pria maupun wanita.7l Beberapa tahun silam, kanker paru-paru mengungguii kanker payudara sebagai keganasan fatal utama pada wanita. Sudah lama menjadi kanker pembunuh utama pada pria.

Tiap tahun lebih dari 100.000 orang Amerika mati karena kanker paru-paru yang disebabkan merokok.Ts Mortalitas kanker ini sebanding dengan jumlah rokok yang diisap tiap hari, menurut penelitian terhadap 25 negara bagian yang dilakukan oleh American Cancer Society, seperti ditunjukkan dalam Gambar 13. Perhatikan bahwa semakin banyak rokok Uiisap per hari akan semakin besar risikonya.

Leave a Comment