Dua penelitian lebih sederhana tetapi mirip yang dilakukan di China dan Finlandia, memiliki hasil yang sama seperti DPP

Namun hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa perubahan diet, yang menyebabkan penurunan berat badan, berperan penting untuk mencegah diabetes, sedangkan program olahraga berguna untuk menjaga kesinambungan penurunan berat badan. Jadi dengan mengubah gaya hidup yang telah mengakibatkan perkembangan diabetes, DPP memperlihatkan bahwa diabetes dapat dicegah-bukan suatu hal yang tidak dapat dihindari.

diabetesPenelitian-penelitian tersebut vang dilakukan di masyarakat yang berbeda dengan gava hidup dan genetika yang berbeda pula-semakin menekankan pesan universal DPP yang berbunyi: perubahan gaya hidup berperan dalam pencegahan diabetes. Kami akan membahas DPP lebih lanjut dalam bab-bab berikutnya.

Perubahan Gaya Hidup Berpengaruh Juga di China dan Finlandia

Sebelum menyimpulkan bahwa hasil penelitian ini bersifat universal, para ilmuwan sering kali menunggu untuk melihat apakah peneJitian serupa akan memberikan hasil yang sama. Dua penelitian seperti DPP telah dipublikasikan pada tahun-tahun terakhir ini dan ternyata kesimpulannya pun sama.

Penelitian DaQing di China

Prevalensi diabetes Tipe 2 di China lebih rendah dibandingkan dengan AS. Namun masyarakat China mulai kebarat-baratan, dan mereka pun mengalami perubahan gava hidup seperti yang terjadi di AS pada abad ke-20. Jumlah penduduk China yang meninggalkan pekerjaan fisik seperti bertani dalam beberapa dekade terakhir diperkirakan melebihi jumlah penduduk AS.

Diperkirakan prevalensi diabetes naik menjadi empat kali lipat dari 12  menjadi 4,5 % dalam kurun waktu kurang dari 20 tahun. Dengan jumlah penduduk lebih dari satu miliar, angka ini menunjukkan jumlah pasien baru diabetes yang sangat besar. Untuk menghadapi masalah diabetes yang meningkat ini, uji klinis acak obat herbal sakit gula basah terkontrol dilakukan di China.

Penelitian DaQing berbeda dengan DPP dalam hal penguiian strategi diet dan olahraga yang dilakukan secara terpisah dan bersamaan. Sama halnya dengan DPP, penelitian DaQing mengikutsertakan orang-orang yang berisiko tinggi menderita diabetes. Hasil penelitian DaQing menunjukkan bahwa kelompok intervensi gaya hidup mengalami penurunan risiko terkena diabetes selama peneJitian enam tahun itu.

Bagian penehtian DaQing yang mengamau dampak perubahan diet dan olahraga secara terpisah mengungkapkan bahwa kedua hal tersebut efektif mengurangi kemungkinan terkena diabetes.

Leave a Comment