«

Oct 02

Bioplastik Kemasan Yang Aman dan Ramah Lingkungan | Tekening.org

Bio Plastik Kemasan Yang Ramah Lingkungan – Di jaman yang serba cepat ini, banyak sekali masyarakat yang lebih memilih produk – produk yang instan dan di anggap praktis. Hal ini di tandai dengan munculnya banyak sekali produk yang disajikan dalam kemasan, seperti : air minum kemasan cup dengan cup sealernya, mie instan, roti dalam kemasan dan masih banyak. Yang perlu menjadi sorotan ialah kemasan produknya yang mana masih menggunakan kemasan plastik yang miliki bahan yang tidak mudah terurai. Lebih praktis dan mudah digunakan itu menjadikan alasan utama para produsen menggunkan bahan itu, akan tetapi secara tidak sadar baik produsen maupun konsumen juga ikut mengambil peran dalam usaha pencemaran lingkungan. Sebab kemasan plastik yang di pakai tidak dapat di uraikan oleh bakteri pengurai dengan baik dan akan mengendap di dalam tanah walaupun sampai ratusan tahun lamanya.

bioplastik

Oleh karena itu saat ini banyak sekali orang yang mulai sadar akan lingkungannya dengan mencari alternatif kemasan lain. Yang salah satunya adalah dengan menghadirkan kemasan “bioplastik”. Apa itu bioplastik?

Bioplastik atau biasa di sebut dengan plastik polimer ini merupakan plastik yang secara alamiah dapat dengan mudah terurai oleh serangan mikro organisme dan faktor cuaca. Dimana faktor cuaca ini dipengaruhi oleh kelembaban dan juga radiasi panas dari sinar matahari.

Kemasan bio plastik ini sangat berbeda sekali dengan plastik konvensional yang notabene hanya terbuat dari bahan petroleum atau minyak bumi namun untuk kemasan bio plastik ini terbuat dari sumber biomasa seperti minyak nabati, amilum jagung, klobot jagung, amilum ercis, atau microbiota. Jadi tidak hanya ramah terhadat lingkungan kemasan dengan bioplastik ini juga dapat memungkinkan jadi pengganti minyak bumi sebagai bahan dasar utnuk membuat plastik. Jadi kta dapat menghemat sebnyak mungkin sumber daya alam kita.

Jenis – Jenis Material BioplastiK

Beberapa jenis plastik yang saat ini telah di terapkan dan di gunakan oleh para produsen di antaranya adalah :

  1. PET Bioplastik

Materi biologi menggunakan bahan bioetanol ini menjadi bahan pembuat material plastik seperti PE, PP dan juga PVC. Negara Brazil merupakan produsen plastik PET bioplastik terbesar, hal ini disebabkan oleh banyaknya produsen bioetanol di negara tersebut.

  1. Polimer Bioplastik

Bahan Polimer Bioplastik ini merupakan kelompok yang dapat dimanfaatkan untuk serat atau fiber tekstil (karpet, cover tempat duduk) dan berbagai macam aplikasi otomotif. Biasanya bahan ini memilki tekstur yang lebih kuat dan tahan lama

  1. Biobased dan biodegradable

Bahan ini meliputi gabungan dari sekian banyak  macam polimer biologi dengan polimer yang berbeda, yang dapat terdegradasi contohnya seperti pati yang termodifikasi dengan Polylactic (PLA), Polihidroksi Alkanoat (PHA) dan juga selulosa. Bahan – bahan ini relatif mudah rapuh jadisering sekali digunakan sebagai barang sekali pakai, contohnya seperti plastik kemasan. PLA merupakan salah satu bioplastik yang banayk diproduksi saat ini.

  1. Biodegradable

Plastik ini memilki bahan baku dari bahan bakar fosil. Hal ini karena plastik yang terbuat dari minyak bahan dasar minyak bumi memilki sifat yang susah untuk dilebur. Oleh sebab itu berbagai peneliatan dan pengembangan dilakukan pada plastik tersebut, yaitu dengan cara, membuat bahan dengan memadukan bahan baku fossil dan biomasa. Karena beberapa bahan diolah agar mendapatkan struktur kimia yang memungkinkan untuk dapat teregradasi di alam.

Keuntungan Menggunakan Bioplastic untuk Kemasan Makanan

Bioplastik sering kali dimanfaatkan untuk barang atau produk sekali pakai seperti kemasan, kantong belanja, alat catering sekali makan dan juga tak jarang kita jumpai pada lid penutup gelas pada mesin cup sealer. Untuk kemasan makanan, bioplastic aman untuk digunakan karena terbuat dari bahan-bahan yang tidak akan minimbulkan reaksi kima saat makanan dikemas. Selain aman untuk digunakan, jenis bioplastic dengan sample yang memilki tebal 2 mm saja dapat terurai 90% menjadi CO2 dalam kurun waktu 6 bulan.  Jadi bisa memberikan keuntungan bagi kelayakan lingkungan.

Kelemahan Menggunakan Bioplastic untuk Kemasan Makanan

Kenapa sekarang masih banyak juga para pelaku industri yang menggunakan kemasan plastik yang susah dilebur? Sementara banyak juga manfaat dari menggunkan bio plastik. Dikutip dari salah satu situs industribisnis, Kepala Pusat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bapak Agus Haryono M.Sc menyatakan jika bioplastik ini masih sulit diaplikasiakan oleh industri, karena bahan baku untuk menggunakannya lebih mahal bahkan mungkin hingga dua kali lipat jika dibanding dengan plastik konvensional. Selain itu, daya tahan / keawetan bioplastic ini juga masih jauh dibawah ketahanan plastikkonvensional. Masalahnya juga belum adanya mesin untuk membuat bioplastik secara otomatis yang dapat digunakan oleh para industri. Sehingga pastinya ini akan menambah biaya oprasional para pelaku produsen plastik.

Sehingga tidak dapat di pungkiri jika plastik konvensional masih menjadi alternatife utama bagi para penjual atau produsen makanan maupun minuman kemasan. Terlepas dari itu kita harus tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan membuang sampah pada tempatnya. Dan mengolah sampah agar tidak menumpuk dan menjadikan pencemartan lingkungan.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial