«

»

Jun 16

Cara Efektif Mencegah Herpes Zoster

Cara Mencegah Munculnya Jaringan parut Akibat Herpes Zoster

Seperti pada artikel sebelumnya tentang penyebab dan mengobati herpes zoster telah dijalskan bahawa Herpes zoster adalah infeksi virus yang menyebabkan ruam pada kulit. Penyebabnya adalah virus varicella-zoster aktif yang menyebabkan cacar air, herpes zoster bisa sangat menyakitkan dan tak sedap dipandang bagi sebagian orang.

mencegah herpes zoster

Sedangkan untuk mencegah munculnya jaringan parut akibat herpes zoster akan menjadi hal yang mustahil pada kasus yang berat. Untuk itu ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga mencegah munculnya bekas luka.

Langkah 1 Untuk Mencegah Herpes Zoster
Cuci/bersihkan kulit Anda secara teratur dengan air dingin dan sabun yang tidak menyebabkan kulit kering. Hal ini tidak saja memberikan kelembaban bagi kulit Anda, tapi juga akan mencegah Anda menyebarkan virus kepada orang lain. Pastikan untuk selalu menggunakan handuk bersih atau handuk sekali pakai.

Langkah 2 Untuk Mencegah Herpes Zoster
Gunakan pereda nyeri yang bisa dibeli bebas seperti ibuprofen atau naproxen yang diperlukan. Obat-obatan ini akan membuat Anda terhindar dari menyentuh luka pada kulit Anda akibat rasa gatal atau rasa sakit, yang dapat mengakibatkan jaringan parut.

Langkah 3 Untuk Mencegah Herpes Zoster
Oleskan krim anti-gatal, lotion kalamin atau gel lidah buaya secara teratur untuk menjaga kulit Anda lembab dan kenyal. Anda mungkin harus mencoba beberapa solusi pengobatan topikal yang berbeda untuk melihat mana yang terbaik untuk jenis kulit Anda.

Langkah 4 Untuk Mencegah Herpes Zoster
Mandi dingin beberapa kali per hari, atau menerapkan kompres dingin untuk kulit Anda untuk mengurangi rasa gatal dan menjaga kulit Anda terhindar dari kekeringan dan pengelupasan.

Langkah 5 Untuk Mencegah Herpes Zoster
Makan dengan benar. Gizi buruk dapat memperlambat respon kekebalan tubuh dan mencegah kulit Anda dari penyembuhan lebih cepat. Tambahkan ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti tuna, salmon atau halibut akan dapat membantu mengurangi peradangan dan kulit kering.

Peringatan
Hindari anak-anak atau orang yang belum pernah menderita cacar bila Anda memiliki herpes zoster. Meskipun Anda tidak sedang menderita wabah herpes zoster, Anda tetap dapat menularkan virus yang menyebabkan cacar air, yang dapat sangat berbahaya bagi anak-anak yang baru lahir, wanita hamil dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah.

Tips mencegah herpes zoster
Hindari pengobatan topikal yang keras yang mengandung banyak bahan kimia atau produk yang tidak alami. Sebab mereka dapat mengiritasi kulit Anda lebih parah apabila Anda sedang memiliki herpes zoster.
Jika Anda sedang mangalami herpes zoster yang parah, Anda mungkin harus berkonsultasi dengan dokter Anda tentang obat resep pereda nyeri resep yang akan membantu meminimalkan iritasi. Stres dari rasa sakit dapat memperlambat sistem kekebalan tubuh, menghalangi Anda untuk mendapatkan kesembuhan yang lebih cepat.

Yang Anda butuhkan:

  • Sabun yang tidak menyebabkan kulit kering
  • Handuk bersih atau handuk sekali pakai
  • Obat pereda nyeri yang dapat dibeli bebas
  • krim anti-gatal seperti calamine lotion atau gel lidah buaya
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial