«

»

Mar 16

Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Banyak orang yang mengidap penyakit jantung tidak .rgitrhrrit ya. Ini karena penyakit jantung biasanya berkembang diam-diam. Sebelumkerusakan pada iantung terjadi, suatu Proses yang disebut aterosklerosis (atau “pengerasanarteri”) telah terjadi di dalam arteri jantung seIama bertahun-tahun. Tahap awal aterosklerosis disebut “lapisan berlemak”. Proses aterosklerosis tidak terbaias pada arteri jantung (yang dikenal sebagai “arteri koroner”). Istilah “penyakit arteri koroner” merujuk secara spesifik pada penyempitanperlahanJahan dari aterosklerosis sambilmerusak arteri jantung. Arteri berukuran lebar dan sedang di seiuruh tubuh bisa menyempit denganbahan berlemak yang menumpuk ini membentuk plak, diilustrasikan di Gambar 2.

Perhatikan bahwa ada hal lain selain penumpukanlemak. Ketika lemak menumpuk dibagian dalam arteri koroner (atau arteri lain),tubuh bereaksi untuk mencegah pembekuan darah.Ia menutupi simpanan lemak itu denganlapisan penutup berserabut, keras, seperti ditunjukkandalam gambar. Ini merupakan respons yang penting, karena jikalau bahan berlemakdiijinkan kontak langsung dengan darah itubisa merangsang darah menggumpal.

Lapisanberserat melindungi dari penggumpaian yangmematikan ini. Sebenarnya, dwirangkap inilahyang memberikan nama aterosklerosis. “Athero”merujuk pada bahan berlemak seperti “bubur”yang menumpuk di dalam arteri. “Sklerosis”menggambarkan bahan berserat keras yang dibuat oleh tubuh sebagai respons.

Sayangnya, plak aterosklerosis bisa menjadiborok, menyebabkan sobekan pada tutup pelindungseperti yang ditunjukkan dalam gambar.Jika ini terjadi, hombinasi serat dan bahan berlemakdilepaskan ke dalam aliran darah. Sekarangendapan lemak yang terkikis sudah menjadiiebih kecil, disebut plak memborok (kadangdisebut “lesion”), tetap melengket di dindingarteri.

Bahan berlemak yang telah terlepas dan plak memborok itu sendiri bisa mengaktifkanplatelet, sel pembeku darah. Ini sering kali bergerak dalam rangkaian peristiwa yang benar-benarbisa merusak arteri yang sudah jelas menyempit oleh aterosklerosis.e Jika hal ini atau proses lainmengakibatkan gangguan total dari arteri koroner,otot jantung yang tergantung pada alirandarah arteri itu akan mati.

Kematian jaringan jantung ini disebut myocardial infarction (MI),atau serangan jantung.Aterosklerosis berkembang dengan laju berbedapada orang yang berbeda. Perubahan seiringwaktu pada arteri dari seorang yang padausia 50 atau 70 tahun akan menderita penyakitjantung ditunjukkan dalam Gambar 3. Perhatikan bahwa awal aterosklerosis adapada usia 20 tahun, seperti ditunjukkan di dasargambar. Ini umum terjadi pada orang Barat. Klik disini dan segera dapatkan informasi seputar obat alami penyakit diabetes yang aman dan ampuh ini.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial