«

»

Feb 22

Seberapa Besarkah Perbedaan dari Gaya Hidup

Ada banyak kabar baik di Amerika mengenai penyakit jantung. Meskipun ia masih merupakan pembunuh nomor satu, angka serangan jantung telah berkurang. Faktanya, antara tahun 1984 dan 1994 saya, angka kematian karena penyakit jantung turun sekitar 22 persen. Salah satu dari alasan utama untuk kemajuan umum itu adalah bahwa orang Amerika lebih memperhatikan pada pilihan makanan mereka. National Health and Nutrition Surveys menunjukkan bahwa kadar kolesterol di Amerika telahmenurun lebih dari tiga dekade terakhir, seperti diuraikan dalam Gambar 38. Perhatikan bahwa di tahun 1950, rata-rata koiesterol bagi seorang pria sekitar 2t5 mgldl. Di tahun 1991, rata-rata kolesterol itu turun menjadi 205 mg/dl.

Pada wanita, rata-rata kolesteroldi tahun 1950 adalah222. Di tahun 1991,nilai rata-rata itu telah men)’usut menjadi 205,hal serupa terjadi pada pria.Kecenderungan ini menggembirakan, namun kadar koiesterol masih lebih tinggi dariyang seharusnya. Penyakit jantung tidak perlu menjadi pembunuh nomor satu di Amerika. Kita teiah melihat dari berbagai tinjauan penelitian sejauh ini bahwa penyakit jantung sangat bisa dicegah. Kita bisa terdorong oleh penurunan kolesterol ini yang lebih dari 30 tahun dan penurunan dalam angka kematian jantung yang menyertainya. Beribu-ribu jiwa telah diselamatkan. Namun ini harus dipandang semata-mata sebagai permuiaan, karena 42 persen kematian di Amerika masih disebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah. Ia Jelas, perubahan dramatis masih harus dilakukan.

Seberapa besarkah sesungguhnya kita mengurangi risiko serangan jantung? Informasi dari Harvard Health Letter membantu memberikan;’at’aban, yang didokumentasikan dalam Gambar39. Perhatikan pentingnya kelima faktor gaya hidup ini. Dengan berhenti merokok saja, kita bisa mengurangi risiko serangan jantung sampai setengah atau lebih dalam lima tahun. Olahraga aerobik menurunkan risiko serangan jantung hampir sebanyak itu.

Dengan mempertahankan ,berat badan ideal, risiko kita 35 sampai 55 persen lebih rendah jika kita 20 persen atau lebih di atas berat ideal itu. Semakin besar penyusutan dalam tekanan darah sistolik dan kolesterol darah, semakin banyak pengurangan risikonya. l0 angka pengurangan dalam tekanan darah akan mengurangi risiko 20 sampai 30 persen. Selain itu juga dapat menggurangi resiko mengidap obesitas sehingga menyebabkan diabetes. Bagi para dokter senior dunia hanya obat tradisional untuk penyakit gula terefektif ini yang dapat mengatasi berbagai penyakit terutama diabetes.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial