«

»

Feb 07

Merokok Mengurangi Produktivitas Pekerjaan

Setelah program itu, ia menyadari tujuan yang sebelumnya tak tercapai-ia menjadi seorang non perokok. Namun demikian, ia mendapati bahwa majikannya tidak akan membantu biaya program berhenti merokok. Ini bukan contoh asing. Sulit dimengerti mengapa para majikan tidak lebih mendukung pada pengobatan kecanduan nikotin.

Sejumlah program bantuan pegawai akan membayar untuk pengobatan alkohol dan obat-obatan terlarang seniiai beribu-ribu dolar. Mengapa mereka tidak bersedia mendanai program untuk kecanduan nikotin yang biayanya lebih sedikit dan mempunyai potensi menghemat lebih banyak uang, terutama bila mengingat jumlah pegawai yang terpengafuh? Statistik menunjukkan bahwa majikan sesungguhnya menghemat uang dengan membiayai program berhenti merokok untuk seorang pegawai.

Dibandingkan dengan non perokok, perokok di angkatan kerja mempunyai hampir dua kali lipat rawat inap rumah sakit dan menghabiskan dua kali lebih banyak hari di rumah sakit. Klaim perawatan tahunan mereka tiap tahun rata-rata $400 sampai $500 lebih per tahun daripada non perokok dan, rata-rata, mereka kehilangan lebih banyak hari-hari bekerja.50 Sumber lain menunjukkan bahwa totai beban biaya per tahun dengan mempekerjakan seorang perokolt bisa mencapai $1200.

Masih ada lagi data lain yang mengindikasikan bahwa seumur hidup seorang perokok dua bungkus sehari di awal usianya yang ke 40-an, seorang majikan bisa menghemat sekitar $30,000 jika indi vidu itu berhenti merokok.52 Biaya satu minggu program menginap berhenti merokok hanya sedikit dari jumlah itu. Pesannya untuk para majikan jelas: ambil keuntungan dari setiap kesempatan untuk membantu pegawai perokok Anda “menyingkirkan kebiasaan” itu.

Polutan Dalam Asap Rokok

Jika kita mengetahui sejumlah bahan kimia beracun dalam asap tembakau, tidak mengherankan bahwa produk ini menyebabkan bahaya tubuh yang besar pengaruhnya.Jumlah polutan ini dinyatakan dalam Gambar 11.53 Banyak dari 4000 senyawa itu diketahui karsinogenik; banyak yang beracun pada arteri. Banyak, seperti komponen individual, seharusnya dinyatakan sebagai polutan dan diatur oleh hukum yang mengharuskan semuanya dikubur dengan aman di daiam tanah dalam buangan limbah beracun untuk mencegah kita terpapar dengannya. Tidak ada peraturan seperti itu karena semuanya berada di dalam kemasan komersial dan keuntungan diperoieh dari meniual tembakau.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial