Menurunkan Kolesterol Melindungi terhadap Penyakit Jantung

Perhatikan bahwa Finlandi aberada di puncak skala, dengan rata-rata kolesterol yang sangat tinggi dan angka kematian yang sangat tinggi. Amerika Serikat juga relatif tinggi pada kedua skala. Irlandia dan Inggris lebih tinggi dari Polandia, Yugoslavia, dan Jepang. Bagaimana kita bisa mengubah kadar kolesterol tinggi ini yang berkaitan dengan berates-ratus dari beribu-ribu kematian yang tidak perlu terjadi tiap tahunnya? Kita memperoleh beberapa pengertian menuju jawabannya dengan mempelajari contoh dari orang Jepang.

Dalam gambar, Jepang berada di dasar skala untuk penyakit jantung padahal angka merokoknya jauh lebih tinggi daripada di sini di Amerika Serikat. Jepang berada pada peringkat 10 dunia dalam hal merokok, dengan 59 persen pria Jepang dan 14 persen wanita Jepang merokok. Di lain pihak, Amerika berada di peringkat ke-78 dengan 28 persen pria Amerika dan 23 persen wanita Amerika merokok. Kalau begitu, kenapa angka penyakit jantungnya lebih rendah daripada kita? Tampaknya karena rata-rata kadar kolesterol mereka yang cukup rendah.

Statistik orang Jepang menyediakan selembar bukti yang menunjukkan bahwa pada skala dunia, kolesterol merupakan faktor risiko paling penting untuk penyakit jantung. Seorang pria dengan serum kolesterol lebih dari 240 mg/dl (atau 6,2 mmol/L) mempunyai lebih dari tiga kali risiko meninggal karena serangan jantung daripada pria yang dengan kurangdari 200 mg/d1,” seperti diilustrasikan dalam Gambar 7. Perhatikan bahwa peningkatan dalam risiko paling menonjol jika kadar kolesterol naik lebih dari angka 240 mg/dl Kita telah mengamati bahwa penyakit jantung dan aterosklerosis mulai di awal kehidupan di negara barat. Individu berusia 30 tahun dan ,yang lebih muda biasanya didapati telah mempunyai endapan lapisan lemak aterosklerosis dibagian dalam dinding arteri mereka. Ukuran area dinding yang tertutupi lebih luas pada individu dengan rentang usia ini dengan kadar kolesterol tinggi, seperti ditunjukkan dalam Gambar 8. Perhatikan bahwa mereka dengan kadar kolesterol 230 mempunyai lebih dari 50 persen area permukaan pembuluh darahnya tertutupi dengan permulaan lapisan lemak aterosklerosis. Jumlah ini kira-kira lima kali jumlah tumpukan lemak dari mereka dengan kadar kolesterol lebih ideal yakni 110.

Leave a Comment