«

»

Feb 07

Kanker kolon besar

Racun-racun rokok memancing usus besar mengembangkan kanker bertahun-tahun dari sekarang. Karena ini, risiko kanker kolon Anda hari ini lebih banyak kaitannya dengan kebiasaan merokok Anda 35 tahun yang laiu daripada kebiasaan merokok Anda baru-baru ini. Jadi, merokok bisa menyebabkan efek penyebab kanker jauh di kemudian hari. Semakin sedikit Anda merokok sekarang, maka akan semakin kecil risiko itu nantinya. Bukti ini mengilustrasikan bahwa hari ini adalah saat terbaik untuk berhenti. Pada titik waktu di mana kanker kolon menyerang, itu hanya mengindikasikan bahwa Anda seharusnya berhenti merokok jauh sebelumnya. Terlebih lagi, efek menetap dari merokok pada kanker kolon menekankan kebutuhan untuk menanamkan kesan pada orang muda bahwa merokok pada usia muda bisa membuntuti mereka sampai 35 tahun ke depan atau lebih.

Kanker Payudara, Melanoma, dan Kanker Penis

Kanker pa1’udara, penyebab kedua kematian kanker pada wanita, juga kanlter lain yang ditemukan ada hubungannya dengan merokok. Tidak seperti kanker lain yang disebutkan dalam bab ini, rokok mungkin tidak akan menyebabkan kanker payudara; oleh sebab itu, saya tidak menyertakannya dalam gambatan yartg memperkenalkan bagian ini tentang kanker. Bukti terbaik sejauh ini menunjukkan bahwa perokok tidak banyak terkena kanker payudara, tetapi bila mereka mendapatkannya, kemungkinan mereka akan mati karenanya.sa Satu teorinya adalah bahwa kekuatan merokok yang tercatat dengan baik untuk melemahkan sistem kekebalan memberikan kesempatan lebih baik untuk menyebarkan kanker pal.udara dan pada akhirnya membunuh korbannya.

Bukti ini berdasarkan pada sedikitnya dua penelitian.85, 86 Yang paling terbaru mengamati 600.000 wanita yang mempunyai hampir 900 kasus kanker pa1’udara dalam kurun waktu 10 tahun evaluasi. Penemuannya bisa dilihat dalam Gambar 16.87 Perokok yang mengalami melanoma mempunyai risiko lebih besar tersebarnya kanker melalui darah daripada non perokok.88 Tipe lain dari keganasan kulit, kanker sel squamus, meningkat sebanyak 50 persen pada perokok di bandingkan dengan mereka yang tidak pernah merokok.

Kanker yang relatif baru dihubungkan dengan merokok adalah kanker penis (batang pelir). Dibandingkan dengan mereka yang belum pernah merokok, perokok hampir menggandakan tiga kali lipat risiko terkena kanker ini.e0 Keganasan ini juga mungkin mempunyai hubungan dengan sistem kekebalan. Riset telah menghubungkan kanker penis dengan genital warts (penyakit kelamin).

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial