«

»

Feb 15

Gejala yang paling biasa untuk diabetes yaitu poliuri dengan diuresis sebanyak 3-4 liter sehari

Rasa haus yang tak ada henti-hentinya, polid.ipsi, mungkin sekali mengganggu sipenderita sehingga ia pergi berobat ke dokter. Ada pula yang nafsu makannya bertambah sekali, polifagi. Polifagi ini terutamt’terdapat pada D.M. kanak-kanak. Anakanak ini meskipun makannya lebih banyak dari biasa berat badannya toh tidak bertambah, juga kekuatan tenaga tidak bertambah. Banyak pula penderita-penderita yang mengeluh tentang berat badan yang berkurang dan berkurangnya tenaga dalam beberapa minggu atau bulan. Gejala-gejala poliuri, polidipsi, polifagi, berkurangnya berat badan dan tenaga berkurang biasanya terjadi pada D.M. yang agak akut dan berat.

PEMERIKSAAN FISIK

Pada pemeriksaan fisik dari seorang penderita D.M. tanpa komplikasi biasanya tidak ditemukan kelainan.

LABORATORIUM

Pada pemeriksaan labora.torium maka glukosa di dalam urin adalah gejala yang karakteristik untuk D.M. Konsentrasi gula di dalam urin bisa mencapai 10%, sehingga dalam satu hari mungkin beberapa ratus gram glukosa dikeluarkan dengan urin. Juga berat jenis urin menjadi lebih tinggi. Jika ada ketosis maka urin mengandung zat-zat keton dalam jumlah yang besar. Kadar gula di dalam darah meninggi. Lipoid-lipoid darah sering bertambah pada D.M., terutama pada keadaan ketosis. Jika penderita kurus sekali (emasiasi) terdapatlah suatu hipoproteinemi dan kadar serumalbumin Sslkurang. Jumlah eristrosit biasanya tidak berkurang. Jumlah lekosit juga norrnal, kecudli jika terdapat ketosis dan asidosis yang berat dan mungkin meninggi sampai 20.000per mm L.E.D. (B.S.E.) biasanya tidak berubah.

KOMPLIKASI-KOMPLIKASI

  1. Koma Hiperglikerni
  2. Atherosclerosis

III. Infeksi

  1. Ocular Diabetes (Diabetic Oculopathy)
  2. Diabetic Nephropathy
  3. DiabeticNeuropathy

VII. Tuberkulosis

  1. Asidosis dan koma diabetikum (koma hiperglikemi)

Sebelumnya pendapatan Insulin banyak penderita D.M. meninggal dunia oleh karena asidosis. Boleh dikatakan bahwa sekarang kematian yang disebabkan oleh asidosis jarang sekali terjadi. Meskipun demikian tiap-tiap diabeet dapat meninggal dalam dua-tiga hari oleh karena asidosis jika kontrore penyakitnya kurang teliti. Ketosis dengan akibat-akibatnya asidosis dan koma biasanya didahului oleh suatu gangguan, umpamanya:

  1. suatu infeksi dari jalan pemafasan, jalan kencing atau jalan pencemaan
  2. suatu trauma.
  3. suatu tindakan pembedahan.
  4. gangguan dari jalan pencemaan yang disertai muntah-muntah sedangkan orangnya kurang makan.
  5. resistensi terhadap Insulin.

f. krisis thyroid.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial