Pada umur enam puluh tahun, harapan hidup di sana boleh dikata berada di atas rata-rata nasional

Sementara kelas-kelas yang lebih kaya di Brazilia atau Meksiko mempunyai tingkAt kesehatan yang sama dengan orang Finlandia dan Canada, sejumlah penduduk pedesaan yang tak bertanah di negara-negara ini menghadapi hambatan mortalitas yang sebanding dengan apa yang dihadapi oleh bangsa yang berdiam di negara-negara yang jauh lebih miskin. Tapi – bukti lebih bahwa generalisasi seenaknya tentang pendapatan dan kesehatan tidaklah benar – pendapatan rata-rata di negara bagian Kerala di India termasuk yang terendah di negara itu, namun mortalitas bayi di daerah pedesaan Kerala berada di bawah dari separoh rata-rata nasional India.

lucu

Seiring dengan reformasi tanah, distribusi besar-besaran dari program pendidikan, bantuan makanan, dan layanan kesehatan telah memajukan kesehatan penduduk secara dramatis, meskipun mereka miskin. Tingkat pendapatan, diskriminasi ekonomi dan sosial atau perbedaan dalam gayahidup adakalanya mempengaruhi kesehatan berbagai sub-kelompok kultural atau etnis. Orang-orang kulit berwarna di Amerika Serikat cenderung meninggal lebih cepat dari pada orang-orang kulitputih. Di lain pihak, para penganut Gereja Advent Hari Ketujuh yang hanya mengkonsumsi lemak ala kadarnya, menu yang tak berdaging, dan menjauhi tembakau serta alkohol, sedikit sekali menderita penyakit jantung dan kanker dibanding dengan rata-rata orang Amerika.

Di Amerika Serikat dan di tempat-tempat lainnya, mereka yang berpendidikan lebih baik biasanya hidup lebih lama daripada mereka yang tak begitu berpendidikan. Disebabkan oleh luasnya kesenjangan masa hidup rata-rata dari kaum pria dan wanita, sebagian besar wanita yang sudah berkeluarga terpaksa hidup sendiri bertahun-tahun sebagai janda. Baik karena alasan bioiogis maupun sosial, kaum wania biasanya berumur lebih panjang. Tambahan pula, begitu kondisi-kondisi kesehatan semakin berkembang, jurang dalam masa hidup antara kedua jenis kelamin ini pun melebar. Di negara-negara yang sudah makmur, kaum wanita hidup enam atau delapan tahun lebih lama daripada kaum pria. Kebiasaan hidup juga merupakan penyebab dari adanya jurang ini: daripada perempuan, lelaki lebih suka merokok, lebih ba’nyak minum, bunuh diri, dan lebih mudah terkena racun di tempat-tempat kerjanya. Mereka juga lebih mudah meninggal akibat tabrakan kendaraan dan akibat pembunuhan.

Leave a Comment