Membrana basal glomerulus (mbg)

500px-PhysiologieGlomérulaireDengan penyakit ginjal imunologik bentuk-bentuk percobaan itu mendahului penemuan kerusakan-kerusakan sejajar pada manusia. Penyuntikan zat-zat membrana basal glomerulus (mbg) heterolog yang bereaksi silang dalam adjuvan Freund yang lengkap menyebabkan glomerulonefritis pada domba dan binatang-binatang percobaan lainnya. Antibodi-antibodi terhadap mbg dapat dikenal oleh pewarnaan imunofluoresensi dengan anti-IgG dari biopsi binatang binatang yang menderita nefritis. Antibodi tersebut jika sebagian besar diserap keluar tidak secara lengkap oleh ginjal in vivo tetapi mereka tampak dalam serum pada nefrektomi dan dapat secara pasif memindahkan penyakit ke binatang lain dari jenis yang sama. Suatu keadaan yang sama secara keseluruhan terjadi pada manusia dengan kasus-kasus tertentu dari glomerulonefritis, terutama yang berhubungan dengan perdarahan paru-paru (sindroma Goodpasture).

Biopsi ginjal penderita itu menunjukkan obat herbal diabetes melitus endapan yang setingkat pada IgG dan 81. dari .komplemen sepanjang membrana basal kapiler-[apiler glomerulus (Gambar 6.151. Setelah pengangkatan ginjal, antibodi-antibodi mbg dapat ditemui dalam serum. Dixon dan kawan-kawan memisahkan antibodi mbg sebuah ginlal yang sakit dan menyuntikkannya pada seekor monyrt tupai. Antibodi itu dengan cepat terikat pada mbg binatang penerimaian menimburkan suaru neritis yang faal (Gambar 9.11). Adalah sulit melepaskan kesimpulan bahwa kelainan pada manusia akibat langsung serangan pada mbg oleh antibodi antibodi penentuan komplemen.

Perubahan paru-paru pada sindroma Goodpasture dapat diakibatkan dari reaksi silang dengan beberapa antibodi mbg. Otot Kelemahan otot semenrara tampak pada bayi-bayi yang lahir dari ibu-ibu dengan miastenia gravis menimbulkan kesan trombositopenia neonatus dan hipertiroidisme dan pasti akan cocok dengan suatu IgG ,melalui plasenta yang mampu menghambat penyebaran neuromuskular. Dorongan kuat untuk pendapat ini didapat-dengan penemuan antibodi-antibodi yang tepat terhadap resptor-reseptor asetil kolin otot pada miastenik. Tabel 9.4 membuat ringkasan efek-efek patogenik langsung dari otoantibodi-otoantibodi humoral. Namun, kita harus memperhitungkan suatu keistimewaan lain dan unik dari antiglobulin IgG; karena mereka keduanya antigen dan antibodi pada waktu yang sama, mereka mampu berhubungan sendiri (Gambar 9.13b) dan ini menutup sebagian besar valensi-valensi antiglobulin bebas. ada banyak sel-sel plasma dan ini telah diperkirakan bahwa pembentukan-IgG dapat setingkat seperri pada suatu perangsangan kelenjar getah bening. Sifat dari serangan selular pada kelainan-kelainan organ khusus masih belum terpecahkan tapi tak mungkin bahwa hipeisensitivitas berperantaraan sel, siroroksisitas antibodi langsung dan reaksi-reaksi radang akibat kompleks-kompleks imun dapat bekerja sendiri atau bersama-sama.

Leave a Comment