GNP bukan alat pengukur kemajuan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia

Tapi berdasarkan kebenaran, argumen-argumen seperti itu bisa membahayakan karena sifatnya tanggung. Menetapkan tingkat-tingkat pendapatan minimum pastilah tak boleh dikesampingkan oleh strategi mana pun guna mengatasi nutrisi rendah, akan tetapi berkata bahwa hanya obat herbal diabetes yang ampuh itu yang perlu kita lakukan terbukti jarang sekali benar. Orang-orang miskin harus memiliki tanah, pekerjaan, dan pendapatan yang memadai jika kita hendak menjadakan nutrisi rendah, pengaruh yang positif dari ketiga-tiganya sekaligus atas menu bisa ditingkatkan dengan mengarahkan perhatian yang seksama pada faktor nutrisi.

pola-makan-kartun

Pada tingkat-tingkat pertumbuhan ekonomi yang bisa diramglkan di banyak negara miskin, kita memerlukan sekian dasawarsa- bahkan abad- sebelum ancaman dari nutrisi rendah benar-benar bisa lenyap. Sesungguhnya, jika pola-pola pertumbuhan ekonomi yang ada sekarang di banyak negara tetap bertahan, mereka yang bertanah, para petani kecil serta para penghuni rumah-rumah gubuk di kota mungkin hanya memperoleh sedikit manfaat dari kenaikan-kenaikan dalam produksi kotor nasional – bahkan pun jika semua kenaikan ini mencerminkan keberhasilan di bidang produksi pertanian. Misalnya, kaum tani Brazilia telah mendapatkan keuntungan dari pasaran protein dunia yang ketat dengan meningkatkan peroduksi kacang kedele mereka secara pesat, yang sebagian besar di antaranya mereka jual di luarnegeri buat makanan ternak. Akan tetapi untuk itu, kaum tani telah menanam kedele atas tanah yang sebelumnya digunakan buat menanam kacang-kacangan tradisional, yakni makanan protein pokok dari para keluarga yang berpendapatan rendah.

Antara lain karena peralihan pertanian inilah maka produksi per kapita dari kacang-kacangan untuk dimakan di Brazilia menurun sepertiga dalam tahun 1971 hingga 1974, dan harganya menjagi tiga kali lipat. Akibatnya, para konsumen Eropa dan Jepang yang kayalah yang merenggut protein dari golongan miskin di Brazilia. GNP Brazilia mengalami lonjakan yang sehat, cadangan valuta asing menjadi kuat, dan para petani kedele bertumbuh makmur – tetapi nutrisi rendah jelas semakin mengganas di kalangan penduduk miskin Brazilia. Suatu cara bagi tiap negara untuk memastikan agar pertimbangan-pertimbangan nutrisi mendapatkan prioritas tinggi adalah dengan membentuk badan nasional untuk memonitor arah-gejala nutrisi serta menjajagi akibat-akibat dari berbagai kebijaksanaan dan rencana atas nutrisi.

Leave a Comment