Faktor-faktor yang bersangkutan dengan problema gizi perorangan

Beberapa penyakit defisiensi gizi pada seseorang sudah dapat ditangani secara tuntas, sehingga penderita penyakit tersebut dapat disembuhkan secara memuaskan, tetapi penyakit yang sama yang terdapat di suatu kelompok masyarakat sulit sekali untuk ditanggulangi secara tuntas dan memuaskan. Program penanggulangannya tidak saja cukup dengan upaya-upaya terapidan pengobatan para penderita, karena setelah disembuhkan dan kembali ke masyarakatnya, mereka akan kembali datang berobat untuk penyakitnya yang kambuh; hal demikian itu akan terus berulang-ulang, sebelum kondisi masyarakat yang menjadi dasar timbulnya defisiensi tersebut diperbaiki.

Perbaikan ini merupakan perbaikan kondisi masyarakat yang menyeluruh, bukan hanya mencakup faktor kesehatan, tetapi sering meliputi pula faktor-faktor di luar profesi kedokteran tersebut, misalnya problema ekonomi dan kesejahteraan, problema kebudayaan dan kepercayaan, dan sebagainya.

Penyakit gizi KKP, defisiensi Vitamin A, defisiensi jodium dan defisiensi zat besi dapat disembuhkan secara tuntas pada seseorang, tetapi sebagai penyakitgizi masyarakat lndonesia, masih belum dianggap telah ditanggulangi dan diberantas secara tuntas. Upaya penanggulangan penyakit-penyakit gizi masyarakat ini harus dilakukan lintas sektoral secara multidisipliner. Ini memerlukan kerjasama antara berbagai keahlian yang harus dikoordinasikan dan dilaksanakan secara sinkron, dan semua ini harus dilakukan daritingkat nasionalsampai tingkat lokal di daerahdaerah.

Di lndonesia, Kementerian Kesehatan merupakan poros dalam upaya penanggulangan berbagai penyakit gizi masyarakat, yang pelaksanaannya dibantu oleh berbagai kementerian yang bersangkutan. Penanggulangan defisiensi jodium dengan .ialan mensuplemen garam dapur dengan KJO3 misalnya, dilakukan teknis pelaksanaannya oleh Kementerian Perindustrian, dengan petunjuk Kementerian Kesehatan.

BAHAN MAKANAN DAN ZAT MAKANAN

Haruslah dibedakan antara Bahan makanan danZal makanan, yang disebut jugazat Gizi atau Nutrient. Zat makanan adalah satuan yang menyusun bahan makanan tersebut. Bahan makanan disebut juga romoditas Pangan dalam perdagangan, ialah apa yang kita beli, kita masak dan kita susun menjadi hidangan. contoh dari bahan makanan ialah beras, jagung, daging, telur dan sebagainya.

Zat maknan bahan dasar menurut llmu Gizi atau Nutrient yang kita kenal ialah:

1. Karbohidrat atau hidrat arang,

2. protein atau zat Putih telur,

3. lemak,

4. vitamin-vitamin, dan

5. mineral.

Ketahui juga informasi mengenai obat herbal untuk diabetes yang terbaik dapat dilihat di sini.

Leave a Comment