«

»

Jan 05

Dua bunyi jantung pertama besar amplitudonya dan berhubungan dengan BJ 1 dan BJ 2

Sedangkan dua bunyi jantung yang kecil amplitudonya adalah berhubungan dengan BJ 3 dan BJ 4. Kadang2 BJ 3 dapat terdengar samar2 pada orang muda dan timbulnya pada awal fase diastolik, yaitu setelah BJ 2. Bunyi ini mungkin dibangkitkan oleh getaran pada otot2 papilaris dan khorda tendine katup mitralis dan trikuspidalis waktu ventrikel terisi oleh darah yang masuk dengan deras. Pada umumnya BJ 4 tidak terdengar. Dalam fonokardiografi bunyi jantung ini dapat direkam dan tampak pada akhir fase diastolik yaitu pada fase presistolik, jadi sesaat sebelum BJ 1 timbul. Dalam perbandingan dengan EKG, BJ 4 adalah bunyi jantung dihasilkan oleh kontraksi otot atrium. Uraian selanjutnya mengenai BJ 3 dan BJ 4 akan diberikan dalam fasal irama tripel yang akan dibahas kemudian.

Bunyi2 jantung yang terdengar terpisah.

Sebagaimana telah dikatakan terlebih dahulu BJ 1 adalah bunyi yang dihasilkan oleh penutupan katup mitralis dan trikuspidalis, sedanqkan BJ 2 adalah akibat penutupan katup aorta dan pulmonalis.

Apabila terdapat selisih waktu yang cukup lama antara penutupan kedua katup yang bersangkutan, maka BJ 1 dan BJ 2 terdengar terpisah. BJ 1 yang terpisah fisiologik. Secara fisiologik BJ 1 yang terpisah dapat dibangkitkan pada diri sendiri dengan cara seperti di bawah ini. Kita tempatkan stetoskop dengan kepala bel pada daerah trikuspidalis (di atas tepi kanan sternumsetinggi iga ke-5) dan kita pusatkan pendengaran pada BJ 1. Biinyi ini terdengar sebagai satu bunyi. Kemudian kita mengeluarkan nafas secara maksimal dan setelah itu berhenti bernafas.

Pada masa ini kita meneliti BJ 1; BJ 1 terdengar tidak sebagai satu suara, akan tetapi se-olah2 meniadi terpisah. Pentingnya mengenai BJ 1 terpisah fisiologik adalah untuk dapat membedakannya dari lain2 gejala yang serupa tetapi mempunyai arti patologik. BJ 1 terpisah patologik. BJ 1 terpisah secara patologik pada penyakit rintangan hantaran cabang kanan (RBBB ang total di mana ventrikel kanan dan kiri berkontraksi pada waktu yang berbeda.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial