«

»

Jan 28

Ada kelompok ahli gizi yang menambahkan air dan oksigen sebagai makanan

Tetapi pendapat ini belum diterima oleh semua ahli, alasan menambahkan kedua zat ini sebagai zat makanan, ialah karena pada proses metabolisma zal gizi, selalu diperlukan air dan oksigen atau zat asam merupakan bahan yang sangat penting pula di dalam pengolahan zat makanan didalam tubuh. Yang tidak menyetujui dimasukannya air dan zat asam ke dalam kelompok zat gizi karena kedua zat itu umumnya sangat mudah didapat.

Perbedaaan antara zatair dan zat asam di satu pihak dengan zal-zat gizi lainnya di fihak lain, ialah bahwa air dan zat asam merupakan zat-zat tunggal, sedangkan zatgizi lainnya merupakan suatu kelompok ikatanikatan yang berbeda, tetapi dianggap mempunyai fungsi yang sama ditinjau dari sudut ilmu gizi.

Karbohidrat misalnya, adalah nama kelompok bagi ikatan-ikatan organik yang mempunyai fungsi menghasilkan energi dan mempunyai karakteristik sejenis. Karbohidrat terdiri dari unsur-unsur C, H, O, dan merupakan polyalkohol. Berbagai jenis karbohidrat melalui jalur yang sama dalam garis besar proses metabolismanya. Lemak juga merupakan kumpulan ikatan-ikatan organik dengan berbagai struktur molekul, tetapi mempunyai karakteristik yang sama, yaitu larut di dalam zat-zal pelarut tertentu;juga melalui proses metabolisma yang dalam garis besarnya sama.

Demikian pula, vitamin dan mineral merupakan kumpulan dari berbagai zat atau ikatan dengan struktur yang berbeda-beda, tetapi mempunyaijalur metabolisma yang dalam garis besarnya sama. Lain halnya dengan air dan oksigen, yang masing-masing hanya terdiri atas satu jenis struktur molekul, ialah H20 dan 02. Betul ada air berat dan ozon, tetapi kedua zat terakhir ini kwantumnya sangat kecil, sehingga dapat diabaikan.

Bahan Makanan

Dalam perdagangan disebut komoditi pangan, ialah apa yang kita produksi atau perdagangkan, misalnya daging, sayur, buah dan sebagainya. Seseorang tidak membeli karbohidrat atau protein, tetapi membeli beras sebagai sumber karbohidrat dan daging sebagaisumber protein. Yang dibeli, diolah dan disusun menjadi hidangan adalah bahan makanan dan bukan zat makanan.

Kalau kita mengkonsumsi suatu makanan, misalnya sesuap nasi, maka kita menelan campuran dari berbagai zat gizi. orang mengkonsumsi semua zat makanan itu secara tidak sadar, sebab dalam pendapatnya, yang dikonsumsi itu makanan atau bahan makanan dan obat diabetes melitus herbal.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial