Zat itu mestinya bukan alkohol, karena tidak ada dalam sari buah anggur

Setelah perubahan ini dibuat pada anjing anjing, kemudian mereka dibagi menjadi tiga kelompok utama. Kelompok 1 menerima minuman anggur merah, Kelompok 2 menerimasari buah anggur merah, dan Kelompok 3 menerima anggur putih. Yang dicari oleh para periset adalah penurunan kecenderungan platelet menggumpal dan sebagai hasilnya mengurangi penurunan aliran siklus (CFR). Mereka dengan hati-hati mengukur CFR ini melihat jika penambahan anggur atau sari anggur akan mengurangi kekentalan platelet. Hasilnya dirangkum dalam Gambar 27.

2Hasil tes mengindikasikan bahwa terdapat satu atau lebih zat baik dalam sari buah anggur merah maupun anggur merah yang seharusnya secara nyata mengurangi risiko serangan jantung. Lebih lanjut lagi, anggur putih mengandung alkohol tetapi tidak menunjukkan efek berarti. Dalam penelitianlain, laboratorium yang sama mendapatibahwa alkohol saja, dalam jumlah yang sangat besar, bisa mengurangi CFRs. Takaran yangsangat tinggi diperiukan-sekitar 12 minuma nuntuk seorang pria 180 ponl2s memproduksi kadar alkohol darah dua kali lipat dari batas hukum pengemudi.

Berbeda dengan penelitian terhadap alkohol murni, anggur merah dan putihdalam penelitian Demrow diberikan dalam jumlah khas yang diperoleh pada minuman acarasosial-sekitar satu minuman pada pria berberat badan 180 pon 126-hanya delapan persendari jumlah yang diperlukan untuk mengurangi CFRs. Jumlah ini menghasilkan kadar alkohol darah dalam batasan sah sekitar 0,02 atau 0,03gm/dl.

Kalau bukan karena alkoholnya, lalu zatapa yar,g membuat perbedaan pada efek anggur merah dan sari buah anggur? Kandidat yang paling memungkinkan adalah kelompok substansiyang disebut flavonoid yang dikenal mencegah penggumpalan platelet. Ini ditemukanberlimpah pada buah anggur, sari buah anggurmerah, dan anggur merah.

Faktanya, dibandingkandengan anggur putih, produk anggur merah-anggur dan sari buah-mempunyai empatsampai lima kali banyaknya dua flavonoid utama(quercetin dan rutin) dengan pengukuran aktual. Kemungkinan kehadiran substansi ini-. lah yang menyebabkan penurunan pembentukan bekuan darah.

Dalam riset terdahulu, kelompokUniversitas lVisconsin telah menunjukkan bahwa baik quercetin maupun rutin bisa menurunkanpergumpalan platelet dan menghilangkan CFR pada model anjing yang sama.

Sari Buah Anggur-Makanan

Beraneka Segi

Flavonoid, terutama quercetin, seperti didapati dalam buah anggur dan sari buahnya, mempunyai efek berguna lainnya dalam mengurangirisiko penyakit jantung selain aksinyapada platelet. Beberapa dari manfaat flavonoid dicantumkan dalam Gambar 22.

Leave a Comment