«

»

Dec 12

Cara Mencegah Diabetes Pada Anak

Diabetes melitus atau kencing manis ternyata tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Anak-anak bahkan remaja dapat terserang penyakit yang satu ini. Pada umumnya diabetes pada anak dibagi menjadi 2 tipe yaitu diabetes tipe 1 dan 2.

Penyebab diabetes tipe 1 memang adanya faktor keturunan, tetapi penyebab diabetes tipe 2 pada anak yaitu obesitas (kegemukan) serta pola hidup yang tidak sehat.

Waspadai Gejala Diabetes pada Anak

– Mudah lapar

– Mengalami dehidrasi atau haus yang berlebihan.

– Sering buang air kecil atau ngompol di malam hari padahal seharusnya anak sudah tidak ngompol lagi.

– Kesemutan

– Luka sukar sembuh

– Pengelihatan Kabur

Jika anak Anda mengalami hal diatas sebaiknya Anda bisa segera periksakan ke dokter terdekat untuk mengetahui apakah anak Anda terkena diabetes atau tidak.

Cara Ampuh Mencegah Diabetes Pada Anak

1. Mengatur asupan karbohidrat

Untuk mencegah terjadinya diabetes harusnya memperhatikan asupan karbohidrat yang dikonsumsi oleh anak Anda. Sebaiknya pilih karbohidrat yang perlahan di cerna oleh tubuh misalkan nasi merah, roti gandum, atau nasi hitam. Makanan ini dapat mengubah kadar gula terlahan.

2. Hindari makanan cepat saji

Makanan cepat saji mengandung lemak dan gula berlebih sehingga jika kita mengkonsumsi makanan ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan badan menjadi obesitas atau kegemukan.

3. Hindari minuman bersoda

Minuman bersoda memang sangat di gemari oleh anak-anak dan remaja. Tapi tahukah Anda dampak yang timbul akibat konsumsi minuman tersebut. Minuman bersoda mengandung glukosa yang tinggi. Minuman ini juga tidak menimbulkan efek kenyang jika dikonsumsi dengan jumlah yang banyak. Hal ini dapat mengakibatkan kenaikan berat badan serta kadar gula dapat melonjak tinggi.

4. Berolahraga secara rutin

Dengan beroahraga dapat membantu mengubah glukosa menjadi energi.
Sebaliknya jika kita tidak berolahraga, maka gula yang ada dalam tubuh akan menumpuk sehingga dapat mengakibatkan terjadinya diabetes. Olahraga bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu.

5. Perbanyak konsumsi sayuran

Mengkonsumsi sayuran dapat menambah serat di dalam tubuh dan dapat menambah rasa kenyang lebih lama. Dan jangan pernah lupa untuk selalu memilih obat herbal alami diabetes – kencing manis yang aman dan efektif bagi buah hati Anda.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial