«

»

Dec 12

Beberapa mati karena merokok di usia muda

Sebagai gantinya, ia kehilangan hidupnya sebelum ia mempunyai kesempatan menikmati “tahun-tahun emas” pensiunan dan melihat cucu-cucunya bertumbuh. Yang bahkan lebih menyedihkan lagi adalah kasus seperti Melissa yang membuka bab ini. Akan tetapi, memang benar, bahwa beberapa perokok bisa bertahan sampai usia 70-an, 80-an atau lebih. Namun, sekalipun demikian mereka kemungkinan menderita konsekwensi kesehatan seperti yang akan kita lihat dari paparan bab ini. Kematian dini dan kelumpuhan tidak mesti Anda alami. Anda bisa membuat perbedaan 1-ang dimulai hari ini dengan berhenti dari kebiasaan merokok.

Tentu saja, kematian dini dari merokok ti dak terbatas di Amerika saja. Ini merupakan momok utama di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia flXrHO) baru-baru ini mengeluarkan sebuah naskah berjudul: “The Tobacco Epidemic: A Global Public Heaith Emergency (Epidemik Tembakau: Kedaruratan Kesehatan Publik Sedunia).”rt Jika Anda berpikir kita mempunyai masalah di Amerika Serikat ini, pertimbangkan statistik berikut ini. Ketika WHO membuat daftar peringkat 87 negaru dari persentasi perokok pria dalam negaranya, Amerika Serikat berada di peringkat ke-78.

Berdasarkan pola merokok pria, kita mempunyai angka merokok terendah dunia. Bahkan mengenai angka merokok wanita (yang sudah meningkat tajam di negara kita), masih ada 30 dari ke-87 negara itu yang mempunyai lebih banyak wanita per kapita merokok daripada di Amerika Serikat ini. Seiring majunya persamaan sosial wanita sedunia, kita bisa berharap melihat kenaikan angka wanita perokok di ekonomi berkembang.

Fakta ini sedang berbicara: memberitahukan bahwa beban penderitaan tembakau akan mempengaruhi negara lain bahkan lebih berat iagi daripada di sini di Amerika. Jika Anda tertarik dengan statistik bab ini tentang kematian, kelumpuhan, dan penyakit yang saya kutip terutama untuk Amerika, ingatlah bahwa ini hanya puncak gunung es-nya saja.

Dampak rokok di negara-negara Eropa dinyatakan dalam Gambar 4.12 Kematian yang mengesankan ini tidak juga terbatas di Eropa. Di seluruh negara-negara berkembang, lebih dari sepertiga pria berusia 35 sampai 69 tahun mati karena merokok. Lebih jauh 1agi, dari seluruh dunia, kematian wanita mulai mendekati sama.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial