Bagaimana Pola Makan Bagi Penderita Diabetes Yang Sehat?

Kita telah mendengar bahwa pola makan berhubungan erat dengan penderita diabetes. Pola makan yang buruk, akan mengantarkan penderita diabetes pada suatu kondisi medis yang begitu parah. Untuk itu, peranan obat untuk penyakit diabetes kering sangat penting serta banyak hal yang perlu diperhatikan oleh penderita diabetes supaya gula darahnya terkontrol dan dapat hidup normal seperti kebanyakan orang.

Fastfood dan diabetes

fast food diabetPada diabetes tipe 2, pola makan ini menjadi salah satu faktor kemunculan diabetes tipe 2 tersebut. Makanan yang mempunyai kandungan gula tinggi dan kaya akan lemak adalah tidak sehat. Hal tersebut boleh saja dimakan, tetapi jika hal tersebut terjadi dalam porsi yang banyak, maka akan berakibat diabetes.

Fast food merupakan salah satu makanan yang buruk untuk dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Fast food memang menawarkan rasa yang lezat dan menggunggah selera. Namun, ternyata hal tersebut malah akan menjadi bumerang untuk kesehatan tubuh kita.

Pengontrol berat badan

Pola makan yang benar dan sehat menjadi salah satu tonggak untuk mengontrol berat badan agar tidak berlebih. Dengan berat badan yang stabil dan terjaga, maka resiko diabetes akan diturunkan. Jauhilah berbagai makanan yang telah mengalami proses pengalengan dan diawetkan. Makanan-makanan tersebut mempunyai berbagai zat kimia pengawet, pewarna dan sebagainya yang dapat mengendap dalam tubuh.

Apakah boleh mengemil?

Rasanya, ngemil sudah tidak bisa dipisahkan dari masyarakat kita. Banyak orang mengatakan bahwa mengemil merupakan hal yang buruk dan dapat menyebabkan kegemukan. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Kita harus melihat terlebih dahulu frekuensi dan komposisi ngemil tersebut. Sebetulnya, ngemil tidak salah, bahkan beberapa pakar fitness menyarankannya. Asalkan, komposisi ngemilnya adalah makanan sehat, seperti buah dan sayur.

Beberapa orang yang menderita penyakit maag mungkin akan protes dengan ngemil buah. Sebetulnya, ngemil buah dan sayur ini tidaklah mencederai lambung dan bisa dikatakan aman. Tetapi, tingkat keparahan dari penyakit maag tersebut juga harus diketahui terlebih dahulu. Jadi untuk hal yang satu ini, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Karbohidrat dan gula yang sudah diproses, akan memberikan beban pada pankreas jika dikonsumsi secara berlebih. Hal ini terjadi karena insulin yang dihasilkan oleh pankreas juga harus berbanding lurus dengan jumlah karbohidrat dan gula tersebut. Dalam jangka waktu yang lama, glukosa malah akan menumpuk dalam darah karena insulin yang diproduksi tidak cukup. Pada akhirnnya, diabetes akan mulai hadir dalam tubuh orang tersebut.

Madu sangatlah manis, apakah boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Madu merupakan minuman sehat yang sudah populer di masyarakat dunia. Madu mempunyai rasa yang begitu manis dan bahkan bagi sebagian orang kelewat manis. Ada hal unik yang dimiliki oleh madu dan jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Ternyata, walaupun madu mengandung gula yang tinggi, madu diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes. Hal ini karena madu mempunyai kandungan gula fruktosa. Jenis gula ini tidak menjadi beban bagi pankreas dan malah menjadi perangsang produksi insulin. Hal ini dikemukakan oleh Prof. Lelo.

Madu yang cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes adalah madu murni. Madu murni mempunyai kadar air dibawah 18% dan itu sangat kental. Kita harus berhati-hati ketika membeli produk madu di pasaran. Ada beberapa bahkan banyak penjual yang melakukan kecurangan dengan menambahkan gula atau air sebagai oplosan bagi madu tersebut.

Manfaat madu untuk kesehatan

Di atas telah dikemukakan bahwa madu sangat baik untuk penderita diabetes. Ternyata, selain untuk penderita diabetes, madu mempunyai fungsi kesehatan lainnya, antara lain :
•    Menetralisir asam lambung yang berlebih dan memberikan perlindungan pada pencernaan
•    Berfungsi untuk menambah stamina tubuh
•    Menghambat penuaan yang terjadi lebih dini
•    Memberikan perlindungan pada luka bakar yang diolesi oleh madu supaya tidak terkena infeksi
•    Sebagai pembersih luka karena sifatnya yang mampu menyerap nanah
•    Terdapat kandungan enzim dalam madu yang fungsinya untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan. Sehingga, penyembuhan bisa lebih cepat
•    Dapat meredakan rasa nyeri
•    Dapat membantu untuk memulihkan saraf
•    Mempunyai sifat antiseptik alami
•    Mempunyai sifat antibakteri dan antimikroba
•    Berfungsi sebagai sumber energi
•    Terdapat kandungan vit B kompleks dan vitamin K, kalium, kalsium, ferum, magnesium, yodium, natrium, klorid, sulfur ;berbagai enzim seperti invertase, amylase, peridoksitase, katalase, fotafase; PG asetkolin dan asam organi seperti AA.
•    Madu aman dikonsumsi untuk penderita diabetes karena kandungan gula fruktosanya.

Bagaimana cara membedakan madu murni dan oplosan?

Seorang penderita diabetes harus berhati-hati dengan madu oplosan karena dapat melambungkan kadar gula darah. Seseorang harus jeli dalam memilih produk madu yang akan dikonsumsinya. Orang tersebut harus dapat membedakan apakah madu tersebut murni atau oplosan. Ada beberapa hal lain yang membedakan madu murni dengan madu oplosan, antara lain :
•    Madu murni tidak mempunyai kadar air lebih dari 18%. Madu yang kadar airnya lebih dari 18% akan lebih mudah mengalami fermentasi. Fermentasi biasanya akan menghasilkan tekanan udara. Cara sederhana untuk mengetahui madu tersebut murni atau tidak adalah dengan membuka tutup botol madu tersebut. Jika saat dibuka terdapat tekanan udara, maka telah terjadi fermentasi dan kemungkinan madu tersebut adalah oplosan.
•    Kandungan mineral dalam madu cukup tinggi, sehingga madu murni mempunyai warna yang pekat.
•    Madu yang murni tidak menyebar pada kertas, tidak seperti air
•    Zat aktif yang terkandung dalam madu dapat membunuh semut. Itulah mengapa madu murni tidak disukai oleh semut.
•    Terjadi kesulitan ketika akan menuangkan madu karena kekentalannya yang tinggi
•    Hal yang terakhir adalah harganya. Harga madu asli tentunya akan berada di atas harga madu oplosan.

Leave a Comment