Asam lemak yang merupakan hasil pemecahan lem ak dalam makanan merupakan sumber energi utama lainnya

Gula atau glukosa kemudian dipindahkan dari dalam dzrahmelalui dinding sel menuju sel tempat zat tersebut dipecah lagi sehinga menjadi sumber energi utama. Selain itu gula iuga dapat disimpan di hati arau otot sebagai glikogen yaitu karbohidrat kompleks yang bertindak sebagai simpanan energi ketika dibutuhkan. Seperti halnya glukosa, asam lemak ini menjadi energi instan bagi sel-sel atau disimpan sebagai lemak yangakan dipakai jika dipedukan.

Agar gula bisa masuk ke dalam sel-sel diperlukan pengangkut glukosa untuk bisa menembus dinding sel. Di sinilah insulin berperan. Insulin adalah hormon, yaitu protein yang dibuat dan dikeluarkan oleh sel-sel khusus, lalu mengikuti aliran danh danmemengaruhi organ lain serta fungsinya.

type2diabetesInsulin dibuat di pankreas, sebuah organ yang tedetak di bagian belakang rongga perut. Pankreas pada umumnya menghasilkan zat pencefnaafl yang menghancurkan makanan sehingga dapat diserap oleh usus. Pankreas iuga terdiri dari kelompok sel yang disebut “pu1au-pulau”. Walaupun berbagai jenis sel khusus terdapat dalam pulau-pulau ini, yang terpenting adalah sel beta yang memproduksi insulin.

Makanan dicerna menjadi zat pembangun, gula sederhana dari karbohidrat, asam lemak dari lemak, dan asam amino dari protein yang kemudian diserap dalam darah dari usus kecil (1). Pencernaan makanan ini dibantu oleh zat-zat kimia yang dihasilkan pankreas (2). Pankreas juga mengeluarkan insulin yang membantu mengangkut gula, asam lemak, dan asam amino ke otot, lemak, dan hati (3).

Sel beta ini memantau kadar gula dalam darah, misalnya sesudah makan. Jika kadar gula darah mulai meningkat, maka sel beta akan memproduksi dan mengeluarkan insulin, sehingga meningkatkan pengangkutan gula ke dalam sel-sel dan menahan kadar gula darah agar ttdak tetlalu tinggi.

Namun ini baru awal kerja insulin. Insulin juga merangsang proses dalam sel yang mengarahkan penfimpanan gula dalam bentuk glikogen, penimbunan asam lemak dalam bentuk lemak, serta pemakaian asam amino sebagai zat pembanqun protein. Selain itu, insulin mencegah pemecahan protein, lemak, dan glikogen.  Jadi insulin membantu penyimpanan energi dan merangsang pembentukan janngan serta pertumbuhan dengan cara mengobati diabetes kering secara alami. (Iihat gambar 1.2.3).

Leave a Comment