«

»

Dec 07

5 Cara Ampuh Hindari Komplikasi Diabetes

Berikut ini adalah cara-cara paling ampuh agar Anda dapat terhindar dari komplikasi diabetes:

1. Berolahraga

Anda bisa memilih olahraga atau aktivitas yang Anda sukai misalkan berjalan, menari, bersepeda, berenang atau mungkin hanya sekedar jalan ditempat saja. Olahraga sangat berpengaruh positif bagi kesehatan. Manfaat olahraga juga bisa membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskular, kolesterol, hipertensi, serta menjaga berat badan tetap terjaga.

2. Berhati-hati Memilih Karbohidrat

komplikasi_diabetes_melitusMenghindari penyakit diabetes bukan berarti Anda harus menjauhi asupan karbohidrat sepenuhnya. Anda bisa memilih karbohidrat yang dapat diserap oleh tubuh secara perlahan seperti roti gandum, nasi merah, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan. Sekalipun Anda sudah memilih karbohidrat yang tepat, sebaiknya Anda tetap memperhatikan untuk porsinya.

3. Tidur yang Cukup

Kurang tidur akan berpengaruh negatif bagi kesehatan, tetapi tidur yang berlebihan juga akan berdampak negatif bagi kesehatan Anda. Pada orang dewasa membutuhkan waktu 8 jam dalam sehari atau minimal tidur 6 jam dalam sehari. Perlu Anda ketahui, jika Anda kurang tidur atau kelebihan tidur akan mengakibatkan munculnya nafsu makan dan biasanya Anda cenderung memilih makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Hal ini dapat meningkatkan berat badan dan melonjakkan kadar gula darah.

4 Memantau Kadar Gula Darah Secara Rutin

Periksalah kadar gula darah Anda secara berkala untuk mencegah terjadinya komplikasi diabetes seperti ulkus diabetik, penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung dan gagal ginjal. Dengan selalu cek kadar gula darah, Anda dapat mengetahui bagaimana makanan atau sesuatu kegiatan dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda, entah hasilnya naik atau turun. Hal ini juga dapat membantu Anda memilih makanan atau kegiatan yang tepat dan dapat menurunkan kadar gula Anda.

5. Perawatan Luka

Diabetes juga dapat beresiko memperlambat penyembuhan luka dan resiko terhadap infeksi. Memang diawal luka pada penderita diabetes ini seperti luka biasa, tetapi jika tidak segera ditangani ini dapat mengakibatkan ulkus diabetes.Walaupun hanya luka goresan sebaiknya Anda bersihkan dengan benar luka tersebut, jika perlu Anda bisa meminta bantuan dokter agar nantinya juga diberi obat antibiotik.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial