Manfaat Buah Dilema atau Pomegranate Untuk Kulit

Manfaat Buah Dilema atau Pomegranate Untuk Kulit – Buah delima yang mempunyai nama ilmiah punica granatum adalah sejenis tanaman buah-buahan yang mampu tumbuh sampai ketinggian 5-8 meter. Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk meneliti buah yang satu ini. Dari hasil penelitian-penelitian tersebut didapatkan fakta bahwa buah delima memiliki kandungan-kandungan tertentu yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker serta dapt melemahkan pengaruh dari protein yang dihasilkan oleh tulang sumsum dan berisiko menyebabkan kanker prostat yang bisa menyebar ke tulang.

Manfaat Buah Dilema atau Pomegranate Untuk Kulit

Buah delima sudah dikenal sejak dahulu oleh masyarakat akan kandungan vitamin C nya yang tinggi. Buah ini mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan juga baik sebagai antioksidan. Kandungan dalam buah delima selain vitamin C adalah vitamin A, dan E, serta asam folik. Selain itu, juga mengandung zat tanin yang bermanfaat untuk proses pencernaan manusia.

Selain mengandung vitamin-vitamin tersebut diatas, buah ini juga mengandung kalium yang berguna untuk jantung, 100 gram biji dari buah delima dapat menghasilkan kalium sebesar 259 mg/gr. Selain itu terdapat juga antioksidan sebanyak 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan teh hijau sehingga dapat melindungi dari radikal bebas serta membantu regenerasi sel-sel yang rusak. Selain itu, buah delima juga sudah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan produk kosmetik sebagai bahan produk perawatan kulit salah satu produk kosmetik yang memanfaatkan ekstrak buah delima ini yaitu gluta panacea sehingga menjadikan efek samping gluta panacea hampir tidak ada karena terbuat dari bahan-bahan herbal.

5 Manfaat buah delima dalam hal kecantikan dan kesehatan kulit, antara lain adalah:

  1. Merehidrasi kulit
    Dengan semakin bertambahnya usia maka kulit manusia akan menjadi kusam dan kering sehingga perlu dijaga kelembabannya. Kandungan air yang banyak pada buah delima dapat membatu dalam proses menyeimbangkan pH kulit dan merehidrasi kembali kulit agar tampak lebih sehat.
  2. Mencegah terjadinya keriput
    Semakin bertambahnya usia maka akan memicu terjadinya kerutan. Oleh karena itu dengan menggunakan minyak delima ini akan dapat mencegah terjadinya keriput.
  3. Menjaga elastisitas kulit
    Delima mengandung asam punicic yang dapat berfungsi untuk menjadikan kulit tampak sehat, lembut dan jauh dari iritasi sehingga kulit akan tetap elastis.
  4. Mengencangkan kulit
    Delima dapat berfungsi sebagai anti-mikroba dan juga sebagai anti-inflamasi yang mampu memerangi iritasi serta masalah-masalah kulit lainnya.
  5. Melindungi kulit dari sinar UV
    Antioksiden yang terkandung dalam buah delima dapat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan membuat kulit menjadi cerah.

13 Manfaat pomgranate lainnya yang wajib Anda ketahui

  1. Manfaat buah delima untuk MengobatiĀ  diare dan luka pada usus
    HalĀ  ini dikarenakan buah delima mempunyai zat tanin yang berfungsi menyembuhkan luka khususnya pada saluran pencernaan.
  2. Manfaat buah delima untuk Mengurangi resiko penyakit alzheimer
    Dalam sebuah studi terhadap tikus yang sudah dibiakkan penyakit Alzheimer, tikus yang diberi asupan buah delima mempunyai kecenderungan memiliki tugas-tugas mental yang lebih baik daripada tikus yang tidak diberi asupan buah delima. Oleh karena itu, buah buah delima dianggap sebagai buah yang baik untuk membantu perkembangan otak bayi bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui.
  3. Manfaat buah delima untuk Mencegah Asam Urat
    Zat kalium dalam buah delima mampu mencegah penyakit asam urat (gout) dan juga mampu mencegah penumpukan plak pada saluran arteri serta menjaga fungsi jantung dengan baik.
  4. Mampu Melawan Virus dan Infeksi
    Buah delima mengandung banyak sekali zat antioksidan yang mampu melawan virus dan juga infeksi yang terdapat pada tubuh.
  5. Manfaat buah delima untuk Menurunkan Kolesterol
    Buah delima memiliki unsur detoks, yang membantu untuk mencegah penyumbatan pada saluran-saluran penting dari tubuh termasuk menurunkan kolesterol.
  6. Membersihkan Plak Gigi
    Karena kandungan zat yang ada dalam buah delima ini bisa membersihkan plak dan membersihkan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh, maka buah delima ini pun mampu menghilangkan plak pada gigi,
  7. Manfaat buah delima untuk Mengobati Anemia
    Buah delima mengandung zat besi yang sangat tinggi sehingga mampu untuk menaikkan hemaeglobin dalam darah. Oleh karena itu penderita anemia sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi buah ini.
  8. Manfaat buah delima untuk Mengurangi Hipertensi (Darah Tinggi)
    Di lain sisi, karena buah ini sangat baik untuk mencuci darah kotor dan membersihkan plak-plak dalam saluran darah, sehingga buah delima mampu menstabilkan tekanan darah bagi penderita hipertensi atau darah tinggi.
  9. Menyembuhkan Osteo Arthritis
    Buah delima merah baik bagi penderita osteo arthritis karena kandungan zatnya dapat memberikan efek degradasi kartilago dan memberikan penyembuhan pada tulang rawan. Temuan ini berdasarkan hasil penelitian Case Western Reserve University.
  10. Melindungi dan Mencerahkan Kulit
    Kandungan buah delima seringkali digunakan untuk produk kecantikan dan perlindungan kulit, Ini dikarenakan buah delima mampu untuk membersihkan kulit apabila digunakan sebagai sabun dan lotion karena sifat buah ini yang bersifat membersihkan jaringan kulit yang sudah kusam dan kotor.
  11. Mengobati Kanker dan Diabetes
    Satu hal penting manfaat buah delima ini adalah mampu melawan penyakit kanker dan diabetes. Berdasarkan penelitian National Institutes of Health dan clinical trials yang dilakukan atas konsumsi delima merah, ditemukan bahwa buah pomegranate mampu mengurangi kanker prostat dan penyakit diabetes.
  12. Mencegah Penuaan Kulit
    Mengkonsumsi jus delima adalah satu lagi pengobatan yang sangat baik untuk kulit yang rusak oleh paparan sinar matahari. Sebuah survei tambahan menunjukkan bahwa penggunaan minyak biji delima ke kulit meningkatkan produksi kolagen. memanfaatkan minyak biji delima efisien dapat mengurangi perkembangan keriput bersama dengan tanda lain yang terkait dengan penuaan.
  13. Membantu Mencegah dan Mengobati Jerawat
    Jerawat disebabkan terutama oleh ketidakseimbangan hormon atau masalah pencernaan. Mengkonsumsi buah delima secara teratur dapat membantu menghindari jerawat. Selain itu, delima juga mengandungĀ  vitamin C, yaitu anti – oksidan yang efektif yang dikenal untuk melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas.

Cara Mengkonsumsi Buah Delima Merah Pomegranate
Buah delima bisa disajikan sebagai jus buah, campuran rujak buah, atau sebagai salad buah dan tentu saja bisalangsung dimakan dalam keadaan segar dan matang dari pohon.

Demikian sedikit ulasan mengenai manfaat buah delima atau pomegranate untuk kulit jadi bagi anda yang menginginkan kulit bersih dan sehat bauh ini bisa dicoba.

Baca juga :
Pengaruh Positif Untuk Konsumsi Suplemen Pria Setiap Hari
Makanan Wajib Untuk Peningkat Kesuburan Wanita Dan Pria

 

Leave a Comment