Macam Buah-Buahan Untuk Diabetes Melitus

Buah memang sangat disarankan dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun ingat, tidak semua buah termasuk sebagai buah-buahan untuk diabetes melitus. Ada beberapa macam buah yang justru sangat berbahaya jika sampai dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit diabetes. Mengapa?
Karena buah-buahan memiliki kadar glukosa yang tidak sama. Buah-buahan yang memiliki kadar glukosa lebih banyak jelas tidak baik dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit kencing manis atau diabetes melitus. Mau tau apa saja buah-buahan yang baik untuk penderita diabetes? Baca artikel ini, karena kita akan membahas hal tersebut di sini.

Pentingnya Melihat Indeks Glikemik Dalam Memilih Buah-Buahan Untuk Diabetes Melitus

buah-buahan untuk diabetes melitusSeperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memilih buah-buahan untuk diabetes melitus juga tidak bisa sembarangan. Di dalam memilih buah untuk dikonsumsi oleh penderita DM, kita harus melihat nilai indeks glikemiknya.

Nilai indeks glikemik adalah takaran seberapa besar kandungan glukosa yang ada di dalam buah tersebut.Buah dengan nilai indeks glikemik tinggi jelas bukan termasuk buah yang baik untuk orang yang menderita diabetes melitus.

Contoh buah yang memiliki nilai indeks glikemik tinggi adalah seperti kelengkeng, rambutan, kurma, pisang ambon, semangka, mangga, durian, dan juga duku.

 

Buah-Buahan yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes Melitus

Buah-buahan yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus harus memiliki nilai indeks glikemik yang rendah. Contoh buah-buahan yang aman dan menyehatkan jika dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah seperti apel, alpukat, pir, tomat, dan juga strawberry.

Benarkah Alpukat Aman Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes?

Boleh tidaknya mengkonsumsi buah alpukat bagi penderita diabetes memang sering menjadi kontroversi. Banyak orang menganggap bahwa buah alpukat tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena memiliki kandungan lemak. Perlu diketahui, kandungan lemak yang ada di dalam buah alpukat termasuk dalam lemak tak jenuh. Artinya, buah alpukat sangatlah aman dikonsumsi oleh pendeirta diabetes melitus.

Bagaimana Jika Buah Diolah Menjadi Jus Buah?

Mengolah buah menjadi jus buah memang menjadi solusi mengatasi kebosanan mengkonsumsi buah secara langsung. Namun ingat, mengolah buah menjadi jus buah harus benar-benar diperhatikan karena proses pengolahan yang salah jelas akan merubah buah yang bermanfaat menjadi buah yang berbahaya. Salah satu cara untuk tetap mendapatkan obat tradisional sakit gula kering dan manfaat buah dengan mengolahnya menjadi jus buah adalah dengan tidak menggunakan pemanis seperti gula pasir maupun berbagai macam pemanis lainnya. Untuk penderita DM, lebih disarankan untuk menggunakan pemanis seperti gula aren maupun gula stevia. Karena memang dua macam pemanis tersebut sudah dinyatakan aman dikonsumsi oleh penderita DM.

Leave a Comment